Halaman

Cari di blog ini

Sabtu, 15 September 2012

Guthrie Govan

Yang satu ini sudah jelas gitaris kesukaan saya, "funky blues"-nya itu lho...hmmm... kalo denger rasanya melayang untuk seorang pencinta blues seperti saya... Guthrie Govan merupakan seorang spesialis shreding blues full harmony!!!

Photobucket

Profil:
Guthrie Govan mungkin merupakan gitaris virtuoso dan shredder generasi baru yang paling disegani di muka bumi ini. Kombinasi video-video permainan gitarnya yang popular di YouTube, ditambah album solo “Erotic Cakes” serta yang terbaru bersama trio The Aristocrats telah membuktikan talentanya yang mencengangkan. Eksklusif kepada GitarPlus, Guthrie Govan membeberkan filosofinya mengenai gitar, gear serta bagaimana ia menjalani proses rekaman untuk album debut The Aristocrats.

Guthrie Govan yang dilahirkan di Chelmsford, Essex, Inggris, 27 Desember 1971 silam mulai mengenal gitar pada usia 3 tahun. Dan sejak itu, terus menggeluti instrumen petik tersebut secara otodidak. Hingga tahun 1993, ia berhasil merebut gelar sebagai “Guitarist of the Year” versi Guitarist, sebuah majalah gitar terbitan Inggris, berkat komposisi instrumental garapannya yang bertajuk “Wonderful Slippery Thing” (belakangan lagu ini termuat di album “Erotic Cakes”, rilisan Agustus 2006).

Sejak itu, karir Guthrie bergerak cepat. Ia mendapat tawaran menjadi kontributor di majalah Guitar Techniques serta menjadi pengajar gitar di berbagai institusi, mulai dari Guitar Institute di Acton, lalu Thames Valley University, The Academy of Contemporary Music dan kini di Brighton Institute of Modern Music. Di industri musik rekaman, Guthrie di antaranya juga sempat tergabung di supergrup Asia dan berkontribusi di album “Aura” (2001) dan “Silent Nation” (2004).

“Erotic Cakes” menandai identitas permainan gitar Guthrie yang sesungguhnya. Album solo pertamanya yang dirilis melalui Cornford Records tersebut menghadirkan bintang tamu Richie Kotzen dan Ron “Bumblefoot” Thal, masing-masing menyumbangkan permainan gitar solonya di komposisi “Ner Ner” dan “Rhode Island Shred”. Lalu, dua komposisi dari album tersebut, yakni “Waves” dan “Rhode Island Shred” sebelumnya pernah pula termuat di album kompilasi “Guitar on the Edge, Vol 1. no.4” rilisan Legato Records (1993).

Akhir 2011 lalu, Guthrie dipertemukan dengan basis Bryan Beller (Steve Vai, Dethklok, James LaBrie, Dweezil Zappa) dan dramer Marco Minnemann (Paul Gilbert, Necrophagist, Kreator, Adrian Belew) dalam sebuah event yang lantas berujung menjadi sebuah kolaborasi menarik berlabel The Aristocrats. Trio ini lantas menyatukan chemistry lewat album self-tittled yang telah dirilis sejak September 2011.

sumber: http://gitarplus.net/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon jangan spam..