Halaman

Cari di blog ini

Jumat, 14 September 2012

Pengantar Pascal Programming

Photobucket

Bahasa pemrograman pascal merupakan bahasa pemrograman prosedural yang bertanggung jawab atas banyak kemajuan di bidang teknologi saat ini. Statement saya ini didasarkan oleh sejarah yang mencatat bahwa bahasa pemrograman ini salah satu yang tertua dan menjadi cikal bakal lahirnya bahasa pemrograman lainnya. Bahasa pemrograman ini didesain pada tahun 1968 hingga 1969 oleh Niklaus Emil Wirth (penemu beberapa bahasa pemrograman, sedangkan pascal adalah yang paling dikenal).


Bahasa pemrograman yang saya pelajari pada semester II perkuliahan ini ternyata cukup kokoh untuk menjadi landasan logika saya dalam bahasa-bahasa programing "masa kini" yang selanjutnya saya pelajari. Bahasa ini juga merupakan programming language yang pertama yang membuka gerbang logika saya. Bahasanya cukup mudah, namun masih terbatas pada fungsi-fungsi tertentu saja (simple) dan masih belum berorientasi objek, maklum saja karena memang bahasa ini populer di era 80 - 90an.

Untuk mempelajari bahasa pemrograman ini pada masa saya semester II dua tahun yang lalu, saya menggunakan FPC (free pascal IDE) yang saya masukkan ke dalam environtment variable di windows 7 64 bit saya dengan bantuan notepad++ sebagai text editornya. Hal tersebut dikarenakan arsitektur sistem operasi 64 bit yang tidak mendukung diinstalnya software Turbo Pascal for Windows (TPW). Dan sebagai panduannya, dosen saya menganjurkan untuk mendownload e-book Learn Pascal in Three Days.

Langsung saja jika anda berminat untuk mempelajarinya, download bahan-bahan untuk belajarnya dibawah ini:

Free Pascal IDE:

Notepad++:

e-Book Learn Pascal in Three Days:

Password (jika dibutuhkan):
pass: emptyvar.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon jangan spam..